Tersedak air minum

Pertanyaan Ibnu Nuib
Dok, saya mau tanya, semalem pas saya lagi minum, tiba-tiba saya tersedak/keselek gitu dok, tapi saya nahan tersedak/keselek itu dok, karena takut air yg saya minum itu keluar lagi. Nah tiba-tiba saya merasakan sakit sekali di bagian jantung dok, itu kenapa ya?

tersedak air minumJawaban
Rasa tersedak itu terjadi karena respon dari saluran pernapasan untuk mencegah masuknya air ke dalamnya. Respon ini merupakan reflex yang sangat penting bagi manusia. Coba bayangkan, kalau air sampai masuk ke saluran pernapasan sampai ke paru-paru. Keadaan anda akan gawat. Anda akan kesulitan bernapas. Bisa anda bayangkan orang yang tenggelam kenapa bisa meninggal. Itu karena banyak air yang masuk ke paru-paru sehingga orang tersebut jadi susah bernapas. Lebih berbahaya lagi kalau anda tersedak zat padat, karena lebih susah mengeluarkannya.
Untuk rasa sakit di jantung, bisa ada hubungan, bisa juga tidak berhubungan dengan peristiwa tersedak tersebut. Tapi kalau anda tidak punya riwayat sakit dada/sakit jantung sebelumnya, kemungkinan besar, nyeri tersebut Cuma karena adanya kontraksi otot di bagian dada pada saat tersedak. Jadi tidak ada yang perlu anda khawatirkan.
Semoga bisa membantu.

Dr. Amrizal Muchtar
Makassar

Incoming search terms:

    tersedak air minum (70);tersedak air (63);arti tersedak saat minum (39);keselek air minum (35);tersedak saat minum (33);arti tersedak tiba tiba (11);akibat dari tersedak air minum (3);kesedak minum (2);minum air masuk ke paru paru (2);minum tersedak (2);

StatPress

Visits today: 13

2 thoughts on “Tersedak air minum

  1. NOVALDI

    sy mau tnya dokter… apakah pnykit lambung bs buat kleyengan membuat pikiran tidak fokus n jernih, stres, mudah marah. makasih.

     
    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>