Sering sakit lambung

Sakit lambung — Dok…setiap berpuasa sekitar jam 8 – 11 pagi , lambung saya kembung dan mual seperti mau muntah. Bagaimana cara mengatasinya? Apakah berpengaruh jika saya tertidur kembali setelah makan sahur? Makasih…( Sanny Andari)

Jawaban :
Sakit lambung

Berpuasa memang bisa berpengaruh terhadap sakit lambung, tapi tidak pada semua orang. Berpuasa bisa meningkatkan asam lambung penderita gastritis atau maag. Dengan meningkatnya asam lambung, otomatis meningkatkan kadar gas di dalam lambung yang berefek kepada kembung dan rasa mau muntah.

sakit lambung

Ya, memang tidak semua sakit di daerah perut bersumber dari lambung. Di sekitar lambung banyak organ lain seperti hati, pankreas, empedu dan kandungan yang bisa menimbulkan gejala yang sama dengan sakit lambung. Secara umum, sakit lambung itu ditandai dengan mual, kembung, mulas, sebah, nyeri ulu hati, susah buang air besar, dan cepat kenyang.  Namun,sakit lambung/sakit maag adalah  penyebab terbanyak dari gejala tersebut.

sakit lambungUntuk penderita maag, sebaiknya menghindari makanan yang meningkatkan keasaman lambung pada saat makan, seperti makanan pedas dan makanan yang mengandung keasaman tinggi.

Menurut penelitian, ada tujuh makanan pantangan yang paling banyak menyebabkan sakit lambung. Mereka adalah  coklat, minuman bersoda, makanan yang digoreng, minuman beralkohol, produk olahan susu yang tinggi lemak, daging  yang berlemak, dan kafein.

Biasanya pada penderita lambung bisa mengurangi atau mencegah gejala sakit perut dengan mengkonsumsi antasida atau zat pencegah pembentukan asam lambung berlebihan. Untuk jenis obatnya bisa konsultasi langsung ke dokter anda.

Walaupun ada obatnya, tidak berarti bahwa konsumsi obat lambung terus-menerus adalah solusi yang terbaik. Seringnya sakit lambung bisa menandakan makanan anda selama ini kurang cocok atau pola makan anda yang tidak teratur. Ya, di dalam bulan ramadhan, puasa membuat pola makan jadi berubah. Tapi biasanya sakit maag cuma muncul di pekan-pekan awal.  Lambung segera akan terbiasa setelah beberapa hari puasa. Saya sarankan anda segera mengobati sakit anda ini ke puskesmas atau dokter agar puasa anda tidak terganggu.

Semoga bisa membantu

Dr. Amrizal Muchtar
Makassar

Sakit lambung

StatPress

Visits today: 13

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>