Sembuh dari HIV

Sembuh dari HIV? Apakah itu mungkin?  Yang jelas, sampai saat ini belum ada obat yang telah ditemukan untuk menyembuhkan penyakit HIV. Yang ada, adalah obat untuk memperlambat laju perjalanan penyakit agar tidak berkembang menjadi penyakit AIDS.

Lantas kenapa banyak berita di Internet tentang penderita yang sembuh dari HIV? Salah satunya adalah berita tentang  dua pria yang tiba-tiba sembuh dari HIV/AIDS. Keduanya sudah didiagnosa positif HIV sejak bertahun-tahun yang lalu. Salah satunya sudah lebih dari 30 tahun.

Saat ini, tes darah rutin mereka dinyatakan negative HIV. Para ilmuwan disana begitu kaget dan segera mengadakan penelitian lanjutan untuk mencari tahu alasan kesembuhan dari hiv tersebut. Harapannya adalah ditemukan penyebabnya dan bisa diterapkan untuk mengobati jutaan pasien HIV yang lain di seluruh dunia.

Setelah penelitian yang panjang, ditemukan bahwa virus HIV di dalam tubuh ke dua pasien tersebut tidak aktif karena adanya perubahan kode genetic di dalam virus HIV. Virus tersebut akibatnya tidak bisa memperbanyak diri.

Dalam sejarahnya, obat HIV yang pertama kali ditemukan adalah zidovudine (AZT). Ini ditemukan pada tahun 1987, 4 tahun setelah virus penyebab AIDS diidentifikasi.  Zidovudine adalah sejenis obat kanker yang ditemukan, bisa memperlambat replikasi dari virus HIV.

Sampai dengan tahun 2011, telah disetujui lebih dari 30 jenis obat untuk melawan HIV. Tapi, sekali lagi, tidak ada satupun dari mereka yang terbukti mampu membunuh virus. Semuanya hanya memperlambat perkembangan virus, dengan jalur penghambatan yang berbeda-beda.

Mengapa HIV sukar diberantas? Ini disebabkan karena virus menggabungkan diri ke dalam DNA sel imunitas segera setelah mereka memasuki tubuh manusia. Jadi, kalau mau menghancurkan virus ini, maka harus menghancurkan jutaan sel-sel kita. Dan itu sangat tidak mungkin untuk dilakukan.

Artikel lainnya:

 

 

StatPress

Visits today: 117