Sakit Maag disertai Diare

assalamualaikum… saya Ajeng, umur saya 19 tahun, pekerjaan mahasiswa.. perut saya kembung, nyeri pada ulu hati dan ulu hati keras, setelah di periksa ke dokter ternyata saya menderita maag.. sudah dua minggu saya meminum obat dari dokter, alhamdullilah perut saya tidak kembung lagi, tetapi ulu hati saya kadang – kadang masih terasa sakit dan keras, di tambah lagi buang air besar seperti diere dan berlendir. . . apakah gejala itu wajar bagi penderita maag dok? dan buang air besar berlendir apakah berbahaya atau tidak?
Dari Ajeng sri purnama dewi

image

Jawaban :
Terima kasih atas pertanyaannya.
Sakit maag adalah istilah umum untuk sakit di ulu hati. Dalam istilah medis, sakit maag diistilahkan sebagai dispepsia. Sebagian besar penyebab sakit maag adalah karena meningkatnya keasaman lambung. Asam lambung memiliki pH yang sangat rendah dan bisa mengiritasi permukaan dalam dari lambung. Ketika iritasi itu terjadi, maka timbullah rasa nyeri di lambung, bisa berupa rasa tertusuk-tusuk, bisa pula nyeri tekan.
Berikut adalah gejala lain yang sering muncul pada saat sakit maag.
1. Rasa mual pada perut seringkali timbul dan selalu ingin muntah.
2. Ulu hati (Perut bagian atas) sering terasa nyeri dan pedih serta diselingi dengan nafas sesak dan perut kembung.
3. Kurangnya nafsu makan ketika rasa mual itu datang, wajah menjadi pucat dan sering sendawa karena perut menjadi kembung.
4. Kepala terasa pusing, sulit untuk tidur serta suhu badan naik dan keluar keringat dingin
5. Sering bersendawa.
6. Gangguan buang air besar seperti diare.

BAB yang terganggu biasanya tidaklah berbahaya karena itu adalah karena gangguan pergerakan usus yang terjadi karena imbas dari lambung.

Berikut adalah beberapa saran untuk mencegah timbulnya sakit maag anda.
1. Makan teratur
2. Hindari makanan pedas, berminyak, dan kecut, kopi dan teh
3. Hindari stress
4. Hindari menjadi perokokĀ  pasif. Apalagi perokok aktif.
5. Hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan juga yang terlalu banyak serat , antara lain:
*Sayur-sayuran tertentu seperti
sawi dan kol
*Buah-buahan tertentu seperti
nangka dan pisang ambon
*Makanan berserat tinggi tertentu seperti kedondong dan buah yang dikeringkan
Minuman yang mengandung banyak gas (seperti minuman bersoda)

Makassar, 5 mei 2013
Dr. Amrizal

Incoming search terms:

    maag dan diare (99);diare karena maag (96);nyeri ulu hati disertai diare (94);sakit ulu hati dan diare (82);maag disertai diare (72);mencret karena maag (60);maag diare (44);maag dan mencret (42);obat mencret karena maag (41);sakit maag mencret (38);

StatPress

Visits today: 32

One thought on “Sakit Maag disertai Diare

  1. desi susanti

    selamat siang dok..saya desi umur saya 25th saya belum menikah pekerjaan saya pengajar.. saya mau tanya.. dr hr minggu perut saya sakit di bagian kanan tp terasa sakit sedikit sejak hr kamis saya mual beserta muntah2 dan sakit perut d ulu hati serasa sakit lalu sakit nya pindah ke bagian tengah perut lama lama sakit nya jadi di bagian bawah kanan.. waktu saya periksa ke dokter katanya saya usus buntu dan harus di oprasi lalu saya menolak oprasi dan saya di rawat selama 2hr karena lemas..begitu saya keluar dr rumah sakit saya cek k dokter lain ternyata katanya saya gak usus buntu tapi dokter itu tidak menjelaskan kenapa saya sakit di bagian perut..dokter cuma ngasih obat untuk penghilang sakit.. yg saya mau tanya kq bisa saya di diagnosa usus buntu dan ternyata kata dokter lain saya baik2 saja..kira2 saya kenapa ya dok?

     
    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>