Penyebab asam urat

Asam urat menyerang seseorang dengan tidak mengenal batas usia dan jenis kelamin. Baik seseorang yang berusia muda ataupun tua, maupun laki-laki atau perempuan, sangat rentan terkena penyakit asam urat. Tentu saja hal ini cukup mengkuatirkan. Terlebih kita tahu dampak dari penyakit asam urat ini tidak hanya membuat persendian menjadi nyeri, bengkak, ataupun meradang.
Apabila penyakit ini sudah mengarah pada gejala yang kronis, akan menimbulkan banyak kerugian bagi si penderita. Selain rasa sakit yang teramat sangat yang di timbulkan oleh penyakit asam urat kepada penderitanya, untuk pengobatannya pun diperlukan waktu dan biaya yang tidak bisa di bilang sedikit.

Banyak resiko yang bisa di timbulkan dari asam urat. Salah satunya penyakit jantung, dan beberapa penyakit kronis lainnya. Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui penyebab asam urat. Dengan begitu, kita dapat mengantisipasi penyakit asam urat sejak dini. Seandainya kita sudah mengalami gejala asam urat, kita pun dapat mengurangi hal-hal yang menjadi penyebab asam urat, sehingga penyakit tersebut tidak semakin parah.

Berikut ini adalah beberapa penyebab dari asam urat, antara lain :

  1. Faktor hormon dan genetika dapat menyebabkan seseorang menderita asam urat. Hal ini bisa dikatakan, faktor keturunan dapat berpengaruh besar pada seseorang.
  2. Terlalu banyak mengkonsumsi produk makanan yang mengandung kadar purin tinggi dapat menjadi penyebab asam urat, contohnya daging, jeroan, kacang-kacangan. Apabila kita berpotensi menderita asam urat, perlu dihindari makanan dengan kadar purin tinggi.
  3. Metabolisme tubuh tidak sempurna dan tidak bekerja secara optimal dapat menjadi penyebab dari asam urat. Salah satunya yang terjadi pada penderita Diabetes atau penyakit gula Hal ini karena tidak terkonrolnya hasil pembuangan metabolisme lemak yang tinggi.
  4. Meningkatnya asam urat bisa pula di sebabkan karena mengkonsumsi obat-obatan medis secara terus menerus, sangat rentan terkena asam urat. Begitu pula dengan minuman dengan kadar alcohol.
  5. Obesitas atau kegemukan pun bisa menjadi penyebab seseorang menderita asam urat. Demikian pula dengan penyakit kulit, dan kadar trigliserida yang cukup tinggi.

Sumber : http://artikeltentangkesehatan.com/penyebab-asam-urat.html

StatPress

Visits today: 32

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>