Payudara Bengkak Habis Melahirkan

Payudara Bengkak, Kok bisa?

Payudara bengkak – Mohon Advice untuk kesehatan Adik perempuan saya, baru 1 bulan melahirkan bayi prematur, yang jadi masalah ibu si bayi telat keluar Air susunya, hingga terus di rangsang akhirnya keluar namun tdk lancar. Sekarang di Payudara sebelah kiri ada benjolan besar dan keras.

payudara bengkakDia tetap berusaha mengkompres dengan air panas namun benjolan menjadi kayak bisul dan mulai pecah. Saya sekeluarga sangat khawatir dgn kondisi ini. Mohon Masukan harus dengan apa kami mengobatinya? Apa setelah air susu keluar akan normal kembali? Dengan segala ucapan doa dan terima kasih kami mohon bantuan karna kami sangat khawatir.

JAWABAN

Terima kasih juga atas pertanyaannya.
Ada kemungkinan, penyakit payudara bengkak yang mengenai adik anda adalah mastitis atau peradangan payudara. Hal ini cukup sering terjadi pada ibu pasca melahirkan.Biasanya ini terjadi akibat masuknya kuman melalui puting susu yang luka atau lecet.

Dua tingkatan Payudara Bengkak

Ada dua tingkat penyakit ini. Yang pertama yaitu tingkat awal peradangan. Pada taraf ini, ibu hanya merasakan nyeri setempat. Biasanya cukup diterapi dengan memberi support payudara dengaj kain segitiga supaya tidak menggantung sehingga mengurangi rasa nyeri. Di samping itu bisa juga diberi antibiotik.
Yang kedua dan paling sering ditemui adalah tingkat abses. Gejalanya yaitu nyeri yang semakin hebat setiap hari, kulit mengkilap di atas abses, dan sering disertai demam. Satu-satunya pengobatan yaitu dengan insisi/pengirisan untuk mengeluarkan nanah di dalam payudara.
Sebaiknya anda membawa adik anda mengunjungi dokter spesialis kandungan untuk pengobatan yang lebih maksimal.
Semoga tulisan ini bisa membantu

Dr. Amrizal
Makassar, 20 Oktober 2012

Payudara Bengkak

StatPress

Visits today: 32

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>