Nyeri saat Kencing, Kenapa?

Dok, mau tanya nih.. Ada sahabat saya kan abis ngelakuin sex..lah ketika itu masih masa menstruasi.. Setelah dapat haid seminggu ,lalu setelah itu kok katanya vaginanya sering perih” gitu di dalam..Mohon infonya? Dan sekarang katanya juga sulit untuk nahan kencing, dan abis minum pasti cepat kencing…

Pertanyaan dari Agung Putra Mulyana

sakit kencing

Jawaban

Dilihat dari gejalanya, ada kemungkinan teman anda mengalami infeksi saluran kencing. Biasanya ini memang erat kaitannya dengan prilaku sex yang tidak sehat.

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi bakteri yang terjadi pada saluran kemih. ISK merupakan kasus yang sering terjadi dalam dunia kedokteran. Normalnya urin tidak mengandung bakteri. Prilaku tidak sehat sering menyebabkan masuknya bakteri menuju kandung kemih atau ginjal dan berkembang biak dalam urin, Inilah yang disebut ISK. Jenis ISK yang paling umum adalah infeksi kandung kemih yang sering juga disebut sebagai sistitis. Gejala yang dapat timbul dari ISK yaitu perasaan tidak enak  (nyeri) saat berkemih (disuria, Jawa: anyang-anyangen). Tidak semua ISK menimbulkan gejala, ISK yang tidak menimbulkan gejala disebut sebagai ISK asimtomatis.

Untuk mengatasi ISK, biasanya diberikan antibiotik khusus untuk ISK. Sebaiknya anda jangan asal makan antibiotik untuk mengatasi ini, karena bisa menimbulkan beberapa efek samping. Hubungilah dokter umum terdekat. Semoga lekas sembuh.

Dr. Amrizal Muchtar

Makassar, 8 Mei 2013

 

StatPress

Visits today: 32

One thought on “Nyeri saat Kencing, Kenapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>