Nutrisi Bermanfaat untuk Tubuh Anda

6 Nutrisi Bermanfaat untuk Tubuh Anda
Setiap orang tentunya ingin memiliki jantung yang sehat, tingkat kolesterol yang rendah, daya tahan tubuh tinggi dan pencernaan yang lancar. Berikut adalah nutrisi-nutrisi bermanfaat yang dapat melengkapi makanan pokok dan membantu kinerja tubuh Anda.

Kalsium
Kalsium memiliki berbagai peranan yang penting, antara lain menurunkan tekanan darah tinggi, membantu kerja jantung dan membentuk tulang yang kuat. Sayangnya, menurut Dietary Guidelines for Americans, kebanyakan orang belum memenuhi kebutuhan kalsium yang diperlukannya. Baik pria maupun wanita juga memiliki resiko osteoporosis sehingga membutuhkan lebih banyak kalsium.

Sumber kalsium terbaik adalah dari makanan seperti susu, keju dan yoghurt. Sumber kalsium lainnya adalah sayuran berwarna hijau gelap, jus jeruk, roti, wafel dan susu kedelai.

Seberapa banyak jumlah kalsium yang Anda butuhkan? Orang dewasa berusia 19-50 harus memenuhi kebutuhan 800 mg kalsium per hari (menyesuaikan dengan angka kecukupan gizi orang Indonesia). Jangan lupa juga untuk mengonsumsi cukup vitamin D yang berperan penting dalam penyerapan kalsium.

Serat
Anda mungkin sudah tahu bahwa serat dapat membantu proses pencernaan kita. Nutrisi ini juga membantu memerangi penyakit, dan menurunkan resiko kolesterol tinggi, penyakit jantung dan diabetes. Gandum dan makanan seperti roti, sereal dan yoghurt adalah sumber serat yang baik untuk kesehatan jantung.

Berapa banyak jumlah serat yang Anda butuhkan? Untuk memerangi penyakit dan membantu pencernaan, Institute of Medicine merekomendasikan orang dewasa untuk mengkonsumsi 14 gram serat untuk setiap 1000 kalori makanan yang Anda makan. Tetapi konsumsi serat harus dilakukan secara perlahan karena konsumsi serat yang terlalu banyak dan cepat dapat menyebabkan perut kembung dan diare.

Omega-3
Omega-3 mempunyai berbagai manfaat seperti membantu meningkatkan kolesterol HDL yang baik, dan menurunkan kolesterol LDL yang jahat, juga menurunkan resiko serangan jantung dan stroke. Makanan yang kaya omega 3 contohnya ikan laut, telur, roti, susu, susu kedelai dan sereal. Omega 3 sendiri terdiri dari 3 jenis, yaitu alpha-linolenic acid (ALA), eicosapentaenoic acid (EPA) and docosahexaenoic acid (DHA).Tubuh kita lebih mudah mengonsumsi EPA dan DHA.

Seberapa banyak Omega-3 yang Anda butuhkan? American Heart Association menganjurkan orang dengan penyakit jantung koroner untuk menngonsumsi 1 gram EPA+DHA setiap harinya. Untuk hidup sehat, Anda dapat memenuhi kebutuhan Omega 3 cukup dengan menonsumsi ikan 2 kali dalam seminggu.

Fitosterol dan Stanol
Fitosterol dan stanol dapat membantu Anda mengurangi kolesterol dalam darah, dan fitosterol dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Fitosterols dan stanol dapat ditemukan secara alami dalam biji-bijian, sayuran, buah dan kacang.

Seberapa banyak fitosterol yang Anda butuhkan? National Cholesterol Education Program merekomendasikan konsumsi 2 gram fitosterol dan stanol setiap hari untuk orang dengan tingkat kolesterol tinggi.

Probiotik
Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang sangat mirip dengan mikroorganisme bermanfaat yang hidup dalam usus kita. Walaupun masih dalam penelitian awal, beberapa bukti mendukung bahwa probiotik dapat bermanfaat untuk membantu dalam mengatasi gangguan dalam usus, diare atau infeksi tertentu. Sumber probiotik yang sudah terkenal adalah yoghurt, selain itu dapat Anda temukan dalam jus atau minuman susu kedelai.

Seberapa banyak probiotik yang Anda butuhkan? Efektivitas probiotik masih diteliti. Jika Anda membutuhkan probiotik, konsultasikanlah kepada dokter Anda dan baca label kemasan dengan cermat.

Vitamin D
Cara terbaik mendapatkan vitamin D adalah dengan berjalan kaki 10-15 menit di bawah sinar matahari beberapa kali dalam seminggu. Tingkat pigmentasi kulit, musim dan letak geografis dapat membatasi jumlah vitamin D yang dapat diproduksi tubuh Anda. Karena itulah, Anda memerlukan makanan yang mengandung vitamin D seperti susu, yoghurt dan jus buah.

Seberapa banyak Vitamin D yang Anda butuhkan? Rekomendasi terkini untuk vitamin D adalah 200 international units (IU) untuk Anda yang berusia di bawah 50, dan dua kalinya untuk Anda yang berusia 51 – 70. Kebutuhan Vitamin D meningkat menjadi 600 IU untuk orang dengan usia lebih dari 70 tahun , karena semakin bertambah tua, semakin berkurang efisien kulit Anda dalam menghasilkan vitamin ini.

Nutrisi bermanfaat di atas tentunya tidak akan bekerja dengan baik jika makanan pokok yang Anda makan tidak sehat. Lengkapilah makanan sehari-hari Anda dengan nutrisi seimbang dan kaya sayur dan buah. Untuk menjaga kesehatan, tentunya tak lupa dilengkapi olahraga teratur. Selamat mencoba!

Source: WebMD

StatPress

Visits today: 32

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>