Menghitung Kebutuhan Kalori

Kalori dibutuhkan untuk memberikan energi pada tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu setiap hari setiap orang memerlukan kalori. Sebenarnya, setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda sesuai ukuran tubuh dan aktivitas yang dilakukannya. Jadi kebutuhan tiap hari setiap orang mungkin berbeda sesuai aktivitasnya. 

Misalnya, seseorang dengan berat badan 100 pound dengan aktivitas sedang (olahraga tiga kali seminggu) umumnya membutuhkan asupan kalori sebanyak 1800-2000 Kkal (kilo kalori) sehari. Jika rutinitasnya sehari-hari hanya duduk di belakang komputer, tanpa olahraga sama sekali, tentu asupan kalori Anda seharusnya di bawah 1800 Kkal.

Bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori sesuai aktivitas? Para ahli gizi umumnya menggunakan Formula Harris Benedict untuk memperkirakan kebutuhan kalori seseorang. Formula ini dapat digunakan untuk mengetahui prediksi kebutuhan kalori anak maupun orang dewasa, pria maupun wanita.  Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Menghitung basal metabolic rate, yaitu jumlah kalori minimum yang diperlukan untuk membuat sistem Anda tetap berjalan. Basal metabolic rate = berat badan (pound) x 11
    1 pound = 0.45359237 kg.
  2. Menghitung kalori tambahan sesuai aktivitas Anda
    • 30-50% : jika aktivitas banyak duduk, menonton televisi, membaca majalah, atau mengobrol lewat telepon.
    • 55-65% : untuk aktivitas ringan meliputi kesibukan mengurus rumah, memasak, dan berjalan-jalan.
    • 65-70% : untuk aktivitas sedang seperti berenang santai atau berjalan cepat tetapi tidak sampai tersengal-sengal waktu diajak bicara.
    • 75-100% : untuk aktivitas berat meliputi olahraga yang menggenjot jantung seperti berlari atau aerobik.Kalori tambahan = persentase aktivitas x basal metabolic rate
  3. Menghitung total kebutuhan kalori dengan cara menambahkan angka basal metabolic rate dengan angka kalori tambahan.

Contoh menghitung kebutuhan kalori sesuai aktivitas:
Anda mempunyai berat 100 pound dengan tingkat aktivitas sehari-hari di ujung bawah skala sedang, Anda akan memerlukan 1815 kalori.

100 x 11 = 1100
1100 x 0,65 = 715
1100 + 715 = 1815

Menurut Emil, 20-25 persen kalori idealnya dipenuhi dari snacking. Jadi jika kebutuhan kalorinya 1800, maka 400-450 Kkal dapat diperoleh dari ngemil. Jika kebutuhan kalori kita 2000 Kkal, berarti snacking-nya 500 Kkal untuk dua kali. Setelah dikurangi 400 Kkal, berarti sisa kalori yang harus dipenuhi adalah 1600 Kkal. Jumlah itu dibagi tiga kali untuk sarapan, makan siang, dan makan malam, masing-masing sekitar 530 Kkal.

Sumber : http://uraeka.com/340/menghitung-kebutuhan-kalori-sesuai-berat-badan-dan-aktivitas

StatPress

Visits today: 13

5 thoughts on “Menghitung Kebutuhan Kalori

  1. Torik Zed

    Maaf Dok, Saya pengen tau Rumus 1. Menghitung BMR Pria dan Wanita.
    2. Rumus Menghitung Kadar Air, 3. Rumus Menghitung Massa Otot, 4.Rumus Menghitung Usia Sel. Thanks yaa dok.

     
    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>