Mata merah tidak sembuh-sembuh

Mata merah

Dok, saya punya keluhan mata merah. Tapi kelihatannya tidak normal. Saya sudah coba periksa ke klinik, mereka menganjurkan saya menggunakan obat mata. Dari yang di kasih dokter nya, sampai saya menggunakan obat mata yang saya lihat di iklan, tetap saja mata saya masih merah kekuning-kuningan. Kalau dibilang kurang tidur, saya setiap hari tidur rutin 8 jam. Kalau karena debu, masa iya gak hilang-hilang. Bisa minta solusinya Dok ? Dan pengobatannya. Terimakasih.  (Fitra Syaifurrohman)

Jawaban

mata merah

Ada beberapa macam penyebab mata merah. Namun pada umumnya, mata merah itu karena ada faktor radang. Mata menjadi merah karena pembuluh darah kecil di mata mengalami pelebaran sebagai akibat dari radang. Sebenarnya ini adalah usaha proteksi tubuh dari penyakit dalam hal ini benda asing seperti debu, atau karena memar.

Mata merah

Mata bisa jadi merah karena faktor debu, cahaya yang berlebihan, adanya benda asing seperti pasir yang melengket di mata, infeksi bakteri, dan masih banyak faktor lain. Mengenai  mata yang berwarna kuning biasanya bisa terjadi akibat gangguan fungsi hati.

Penyakit mata yang paling sering terjadi adalah konjungtivitis.Gejalanya berupa merah terang di daerah putih mata dan di kelopak mata bagian dalam. Kadang penyakit ini disebut sebagai pinkeye. Penyebab paling sering adalah infeksi virus atau bakteri.

Mata merah

Konjungtivitis sangat mudah menular. Ini bisa menyebar lewat tangan atau tissue penderita yang memegang mata orang lain. Hal ini biasanya terjadi dalam satu keluarga. Misalnya sang ibu menderita konjungtivitis kemudian menyentuh/membersihkan mata anaknya. Proses penularannya sangat cepat. Dalam satu hari biasanya orang yang tadinya sehat bisa langsung sakit mata. Selain memerahnya mata, timbul gejala lain yaitu keluar banyak air mata, mata terasa gatal dan panas, banyak kotoran mata terutama di pagi hari.

Saya menganjurkan anda untuk memeriksakan mata anda ke dokter spesialis mata untuk diperiksa lebih lanjut. Satu-satunya pengobatan yang paling baik adalah pengobatan berdasarkan penyebabnya. Dengan berobat ke dokter mata, penyebab tersebut bisa ditelusuri untuk kemudian dilakukan pengobatan yang tepat.

Dr. Amrizal Muchtar

Makassar, 8 Oktober 2012

Mata merah


Incoming search terms:

    mata merah berhari hari (117);penyebab mata merah berhari hari (54);mata merah tidak hilang (40);mata merah tidak sembuh (30);mata merah tidak sembuh sembuh (21);mata merah gak sembuh sembuh (20);mata merah tidak sembuh2 (19);mata merah setiap hari (15);penyebab mata merah setiap hari (13);mata merah tak kunjung sembuh (4);

StatPress

Visits today: 13

One thought on “Mata merah tidak sembuh-sembuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>