Manfaat oat untuk kesehatan

Akhir-akhir ini saya sedang menggiatkan lagi untuk banyak konsumsi Oat.  Sudah tahu Oat kan ? Itu merupakan makanan dari gandum utuh. Oat itu memang banyak manfaatnya. Ada juga yang mengatakan bahwa Oat adalah termasuk Superfood, yang artinya adalah makanan yang manfaatnya tidak cuma satu tapi banyak sekali bagi kesehatan. Ini dia 5 alasan bahwa kita harus banyak konsumsi oatmeal :

1. Oat mengandung  serat larut air yang tinggi , berupa beta-glukan. Serat yang larut air akan lebih menguntungkan bagi tubuh karena akan lebih mudah dicerna dibanding serat tidak larut air. Hal ini akan memperingan kerja pencernaan tubuh dan menghindarkan dari penyakit gangguan pencernaan.

2. Keuntungan lain, serat larut air akan menarik air di dalam tubuh dan membentuk gel sehingga membuat cepat kenyang dan memperlambat pengosongan lambung. Hal ini akan mengurangi keinginan kita untuk ngemil, sehingga bagus untuk makanan saat kita diet.
Hasil penelitian yang tercantum pada Diabetes Research and Clinical Practice menunjukkan bahwa menambahkan serat makanan pada produk pengganti makan khusus penderita diabetes dapat membantu meningkatkan rasa kenyang hingga 27,1%. Hal ini dapat membantu mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi selanjutnya dan mengurangi rasa lapar yang timbul 2 dua jam sesudah makan.

3.  Oat juga dapat menurunkan kadar kholesterol darah dalam tubuh yaitu menurunkan kadar kholesterol jahat (LDL ) dalam tubuh kita. Penelitian yang dilakukan oleh Jiang He dkk yang dipublikasikan pada American Journal Clinical Nutrition meneliti konsumsi oat pada masyarakat etnik Yi di Pegunungan China mendapatkan bahwa konsumsi oat sebanyak 100 gram/hari akan menurunkan LDL sebanyak -0.13 mmol/L. Kadar kholesterol yang terkontrol akan melindungi dari kemungkinan risiko terkena penyakit jantung koroner.

4. Tekanan darah yang tinggi juga akan dapat dikurangi dengan mengkonsumsi Oat. Penelitian yang dilakukan oleh Lairon dkk yang meneliti konsumsi oat pada masyarakat Prancis menemukan penurunan tekanan darah setelah mengkonsumsi oat untuk laki-laki : 8.1± 3.6 gram/hr dan wanita: 5.9 ± 2.5 gram/hr.

5. Manfaat lain dari Oat adalah fungsinya untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Hasil penelitian yang tercantum pada New England Journal of Medicine yang dilakukan oleh para ahli dari  University of Texas Southwestern Medical Center  menyatakan bahwa serat makanan dalam Oat dapat membantu mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes. Hal ini penting agar tidak terjadi peningkatan dan penurunan kadar gula darah secara drastis sebelum dan sesudah makan.

Sudah tahu kan manfaat Superfood Oat, jadi tunggu apalagi, ayo ganti sumber karbohidrat kita dengan Oat yang lebih mengenyangkan dan sehat.

StatPress

Visits today: 32

2 thoughts on “Manfaat oat untuk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>