Manfaat Daun Pepaya

Manfaat daun pepaya cukup banyak bagi manusia. Selain buahnya yang manis, ternyata akar, batang, dan daunnya juga berguna. Artikel kali ini akan membahas tentang ragam manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh.

Daun pepaya memang dikenal pahit rasanya, namun di balik rasa pahit itu, terdapat berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. Adapun beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut :

1. Memperlancar ASI (Air Susu Ibu)
Daun pepaya muda yang diremas dan diletakkan di atas api hingga layu, kemudian ditempelkan pada sekeliling payudara (kecuali puting) dalam keadaan hangat, dipercaya dapat membantu memperlancar ASI.

2. Obat Jerawat
Daun pepaya bisa dibuat menjadi masker, sebagai obat jerawat alami. Masker dapat dibuat dengan mengambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua, kemudian dijemur sampai dengan layu lalu dihaluskan. Campurkan dengan 30cc air bersih. Selain daun pepaya yang dibuat masker, getah pepaya dapat juga digunakan untuk mengobati jerawat, dengan mengoleskannya pada jerawat dan dilakukan rutin setiap hari sampai dengan jerawat sembuh.

3. Melancarkan Pencernaan
Senyawa karpain pada daun pepaya dapat membantu membunuh mikroorganisme yang mengganggu fungsi pencernaan.

4. Menambah nafsu makan
Daun pepaya yang masih segar dicampur dengan sedikit garam dan air hangat sebanyak 200 cc, kemudian dihaluskan menggunakan blender. Setelah itu, saring dan beri 2 sendok makan madu lalu diaduk dan dapat diminum untuk menambah nafsu makan.

5. Mengobati demam berdarah
Daun pepaya juga diketahui ampuh dalam mengatasi demam berdarah. Siapkan daun pepaya muda (5 lembar) direbus dengan air setengah liter, tunggu hingga air sisa seperempat. Beri sedikit garam dan 2 sendok makan madu. Minum saat masih hangat, dan lakukan 3x sehari (pagi, sore dan menjelang tidur).

6. Mengobati nyeri haid
Bagi wanita yang akan datang bulan/haid, dapat membuat minuman dari daun pepaya untuk mengobati nyerinya. Siapkan selembar daun pepaya muda, asam jawa, dan garam. Rebus bahan-bahan tersebut dengan air sebanyak 250 cc. Setelah mendidih, tambahkan 2 sendok makan madu, dan dapat diminum setelah dingin.

7. Anti Kanker
Walaupun belum pasti, beberapa penelitian mengatakan bahwa daun pepaya dapat dikembangkan menjadi anti kanker. Daun pepaya diketahui memiliki Milky Latex (getah putih seperti susu) yang dapat digunakan sebagai anti kanker.

Itulah beberapa manfaat daun pepaya yang ternyata bisa digunakan sebagai obat pelawan penyakit dan tentunya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Jika ingin merasakan manfaat daun pepaya, jadikan daun pepaya sebagai salah satu menu makanan anda sehari-hari. Selamat mencoba..

Source :http://artikelkesehatan99.com/7-manfaat-daun-pepaya/

StatPress

Visits today: 13

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>