Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat buah naga - Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan buah naga. Buah Naga (Hylocereus) berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun kini sudah banyak dibudidayakan di Asia, termasuk Indonesia. Buah ini hidup di daerah yang beriklim tropis atau subtropis dan bertanah kering. Jika dilihat dari bentuknya, buah ini cukup terlihat aneh karena bentuknya bulat bersisik meruncing dan kulitnya berwarna kemerahan.

Rasa dari buah naga tidak begitu manis dan tidak hambar, jika dipotong menjadi dua bagian akan terlihat dagingnya yang berwarna putih (ada juga yang berwarna merah) dan berbintik. Namun dari segala keunikannya tersebut, kita juga bisa mendapatkan manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh. Seperti pada buah lainnya, manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh juga tidak kalah banyak, beberapa diantaranya adalah :

Sumber antioksidan
Antioksidan ini dapat melindungi diri dari radikal bebas dan kanker. Selain itu, dapat digunakan untuk menetralkan racun dan berbagai logam berat yang ada dalam tubuh.

Sumber vitamin
Seperti buah pada umumnya yang memiliki kandungan vitamin, buah naga memiliki kandungan vitamin berikut:

  • Vitamin C pada buah ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mampu menyembuhkan luka memar.
  • Vitamin B1 dan B2 yang dapat membantu menambah nafsu makan dan membantu metabolisme dalam tubuh.
  • Vitamin B3 dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menyembuhkan penyakit asma.

Menguatkan tulang dan gigi
Kandungan fosfor dan kalsium pada buah naga dapat membantu pembentukan tulang dan menguatkan gigi.

Kandungan serat yang tinggi
Buah naga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat memperlancar proses pencernaan. Sangat ideal untuk mereka yang sedang menderita sembelit atau buang air besar tidak teratur. Dengan lancarnya sistem pencernaan, kadar lemak dalam tubuh juga akan ikut berkurang.

Lain-lain
Buah naga diketahui dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi, dan kadar gula dalam darah. Selain itu, buah naga juga berperan dalam mencegah penyakit jantung dan permasalahan kesehatan lainnya.

Itulah beberapa manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh. Anda bisa mengolah buah naga ini menjadi jus, bahan salad, atau langsung dimakan daging buahnya. Jus buah naga sangat baik dikonsumsi sehari-hari karena dapat memberikan energi tambahan yang cukup bagi tubuh untuk menjalankan aktivitas. Jangan tunda lagi, segera mencoba, dan rasakan manfaatnya…

Source :http://artikelkesehatan99.com/ragam-manfaat-buah-naga/

StatPress

Visits today: 32

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>