Kucing penular HIV?

Pertanyaan dari Didin Dan LainLain

Dokter saya mau tanya. Kucing saya habis gigit orang yg positif HIV sampe brdarah. Kira” kucing saya tertular ga dok? Kasihan kucing saya udah 1 minggu ga keluar kandang, keluarga takut kalo smp tertular.

Mohon pencerahannya dokter.

Makasih.

hiv-aids

Jawaban :

HIV adalah suatu virus yang menyebabkan penyakit AIDS, yaitu penyakit yang ditandai dengan hilangnya kekebalan tubuh, sehingga banyak penyakit bisa mengenai tubuh, seperti TBC, flu menahun, dan infeksi lainnya.

HIV menular lewat jarum suntik, darah donor yang terinfeksi hiv, dan hubungan seksual. Karena itu manusia harus mewaspadai hal-hal tersebut agar tidak terinfeksi.

Nyamuk yang  menggigit penderita HIV kemudian menggigit orang normal, belum terbukti bisa menularkan HIV. Saya rasa pada kasus kucing ini pun, sangat kecil kemungkinan terinfeksi hiv. Apalagi kalau melalui gigitan. Jadi saya rasa anda tidak perlu khawatir.

Dr. Amrizal

Makassar

StatPress

Visits today: 154

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>