Kenapa ya sering sakit sendi?

Sakit sendi – mau tanya dok… kalo telapak kaki saya rasanya sakit juga kadang terasa bengkak…. udah 2 bulanan sich… dulu emang sempat kena asam urat..kata ayah saya itu tanda2 asam urat saya kembali tinggi. apa benar itu?( Anggun )

sakit sendi

 

Jawaban : sakit sendi

Kalau dilihat dari gejala yang disebutkan, kemungkinan besar itu adalah penyakit gout arthritis alias radang sendi karena asam urat.

Gout arthritis atau pirai adalah suatu penyakit yang ditandai dengan serangan mendadak dan berulang dari artritis yang terasa sangat nyeri karena adanya endapan kristal monosodium urat, yang terkumpul di dalam sendi sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah (hiperurisemia).

Sakit sendi

Istilah pirai merupakan kondisi asam urat yang kadarnya terlalu berlebihan di dalam darah, bisa mencapai lebih dari 8 mg/dl. Akibatnya, akan dapat menyebabkan rasa nyeri yang teramat sangat dan sakit dipersendian. Bahkan jika sudah sangat parah, maka si penderita akan sangat sulit untuk berjalan,  jika terserang di persendian kaki.

Serangan pirai terjadi secara mendadak. Timbulnya serangan ini bisa dipicu oleh:

  • luka ringan
  • pembedahan
  • pemakaian sejumlah besar alkohol atau makanan yang kaya akan protein
  • kelelahan
  • stres emosional
  • penyakit.

Sakit sendi

Ada baiknya anda mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Adapun makanan tersebut antara lain jeroan, kacang merah, makanan laut seperti udang, kepiting, kerang, Selain itu, anda sebaiknya meningkatkan konsumsi air putih yang banyak, dan menghindari minum alkohol

dr. Amrizal Muchtar

Makassar

Sakit sendi

StatPress

Visits today: 32

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>