Penyebab Kaki Bengkak dan Cara mengatasinya

Penyebab Kaki bengkak pada semua orang berbeda-beda. Ada yang bengkak karena trauma seperti jatuh atau terkilir. Ada yang bengkak karena hamil. Biasanya yang hamil itu berupa edema, yaitu bengkak yang lembek. Kalau dipencet menimbulkan bekas yan menetap selama beberapa menit.

Kaki bengkak jenis ini sebenarnya tidak berbahaya, khususnya kepada bagian kaki itu sendiri. Tapi ini cukup mengganggu pada saat jalan atau mau memakai sepatu.

Kaki bengkak sering dialami oleh banyak orang. Ada dua penyebab kaki bengkak ini

1. Penyebab Kaki bengkak karena radang

Gejala pertama ini biasanya bersifat keras dan nyeri kalau ditekan. Penderita akan mengalami kesulitan jalan karena rasa nyeri tersebut.
Kaki bengkak ini terjadi akibat radang. Bisa radang karena asam urat. Bisa karena trauma/terbentur.
Radang karena asam urat terjadi karena penumpukan asam urat di daerah kaki akibat meningginya kadarnya dalam darah. Biasanya terjadi setelah konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi seperti kerang, jeroan, melinjo, dan lain-lain.
Radang karena trauma terjadi karena benturan atau luka di kaki. Biasanya penyebab kaki bengkak karena trauma bisa cepat sembuh setelah mengkonsumsi obat anti radang dan/atau antibiotika

2. Penyebab Kaki bengkak karena cairan

Kaki bengkak karena cairan disebut juga edema kaki. Ini merupakan pembengkakan tungkai bawah akibat penumpukan cairan pada kaki tersebut. Berbeda dengan golongan satu di atas, di sini kaki bengkaknya tidak terasa nyeri kalau ditekan. Biasanya akan timbul cekungan bekas tekanan jika bagian bengkaknya dipencet.
penyebab kaki bengkakAda beberapa faktor yang menyebabkan hal kedua ini. Kadar protein (albumin) darah yang rendah, fungsi pompa jantung yang berkurang, sumbatan pembuluh darah/pembuluh limfe, penyakit liver/ginjal kronis, serta posisi tungkai yang terlalu lama menggantung menjadi beberapa penyebabnya.
Pada ibu hamil, kaki bengkak ini biasanya terjadi pada dua bulan terakhir kehamilan. Bengkaknya muncul di kedua kaki.
Gejala bengkak ini bisa berbahaya, bisa juga tidak. Berbahaya jika disertai dengan tekan darah tinggi dan meningginya kadar albumin dalam urine. Keadaan inilah yang disebut sebagai pre-eklamspia atau dalam istilah awam keracunan kehamilan. Jika anda mendapatkan tiga tanda tersebut di atas, waspadalah! Jangan diabaikan karena sangat berbahaya bagi ibu dan janin. Begitu banyak janin dalam rahim meninggal akibat tingginya tekanan darah ibu.
Saya pernah mendapatkan kasus di mana seorang ibu dari bulan pertama – ke sembilan selalu periksa kandungan, tapi pada minggu akhir kehamilan, janinnya meninggal akibat tingginya tekanan darah pada saat itu.
Meninggalnya bayi diakibatkan berkurangnya aliran oksigen ke bayi ketika tekanan darah ibu sangat tinggi. Jadi hati-hatilah terhadap kaki bengkak

Incoming search terms:

    penyebab kaki bengkak (417);penyebab kaki bengkak sebelah (340);penyebab kaki bengkak sebelah kiri (298);kaki bengkak sebelah (252);kaki bengkak sebelah kiri (229);kaki bengkak sebelah kanan (210);telapak kaki bengkak sebelah (198);kaki kanan bengkak (182);penyebab kaki bengkak sebelah kanan (150);kaki kiri bengkak (131);

StatPress

Visits today: 32

32 thoughts on “Penyebab Kaki Bengkak dan Cara mengatasinya

  1. Pingback: Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil « Anything

  2. Any Widiyanti

    ayah sya sudah satu bulan mengalami gejala sruk setengah badan sebelah kiri tidak merasakan apa apa dan sekarang kakinya membekak kenapa itu bisa terjadi? apakah itu berbahaya dok bagai mana cara mengatasinya?

     
    Reply
    1. Any Widiyanti

      benkaknya lembek dok kalau di pencet kempot sebentar dan setelah itu kembali seperti semula…..apa berbahaya dok?sekarang beliau mengkonsumsi rebusan air mengkudu apa tidak apa apa dok?

       
      Reply
    2. Innes Shavitri

      Ankle edema hanya satu tungkai saja disebabkan karena aliran pembuluh darah atau pembulih limfe tersumbat, sumbatan ini dapat terjadi karena darah yang kental lalu membeku didalam pembuluh darah atau massa tumor yang menekan pembuluh darah atau pembuluh limfe.
      Pemeriksaan yang dilakukan sangat mudah yakni dengan menekan pada daerah mata kaki akan timbul cekungan yang cukup lama untuk kembali pada keadaan normal. Pemeriksaan lanjutan untuk menentukan penyebab dari ankle edema adalah menentukan kadar protein darah dan di air seni (urin), pemeriksaan jantung (Rontgen dada, EKG), fungsi liver dan ginjal.
      Pengobatan awal yang dapat dilakukan dengan mengganjal kaki agar tidak tergantung dan meninggikan kaki pada saat berbaring. Pengobatan lanjutan disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya.

       
      Reply
  3. Devian Tenta

    kaki saya yang sebelah kanan tiba2 bengkak tp g terlalu besar, dan tidak nyeri bila di tekan,, kalo bwt isyirahat bengkaknya tidak terlalu,,, kira2 berbahaya ap tidak..

     
    Reply
  4. Arfan Alfredo

    selamat malam dok.org tua saya sebulan yg lalu mengalami kecelakaan kendaraan bermotor yg mengakibat kan benturan kaki kiri dan luka memar dan koyak, kemudian di bawa kerumah sakit dan di obati, tetapi sampai skrg bengkak nya gak ada perubahan, bahkan bengkak makin membesar, tetapi tdk sakit.. mohon penjelasan nya dok, dan apakah itu berbahaya..

     
    Reply
  5. Echo D'Cool S

    Apa benar penyebab kaki bengkak di karenakan di dalam jantungnya ada air…?

     
    Reply
  6. Fadilla Ant II

    asssl dokter saya mau tanyaorang tua saya diabetes
    tpi sekarang kakinya bengkak
    dan klau di tekan cekung, tpi terasa sakit klau di injak
    apakah ini ada hubungannya dengan ginjal???

     
    Reply
  7. Murtamin DM

    Docter saya mau tanya kaki saya seblah kanan bengkat 1 minggu yang lalu di pencet tidak cepat kembali be berapa saat kemudian baru kembali, yang saya rasakan selama ini lutut saya sakit kalau pertama berdiri, kira kira apa obat nya docter.

     
    Reply
  8. Dhitmha Tamma

    mau tanya kaki kanan saya tiba2 sakit bagian pergelangan kalo di pencet rasanya sakit bgt..dan kalo minum obat cuman bisa bertahan sekitar 12 jam lalu kembali,, dan biasanya sakitnya berlangsung selama 1 minggu bahkan lebih dan setelah sembuh 1-2 bulan kambuh lagi..saya udah 2 tahun mengalami ini. ini kenapa ya dok.

     
    Reply
    1. Dhitmha Tamma

      buat jalan dan kalu kaki di gantungkan di bawah juga terasa sakit..dan lebih sakit kali sewaktu bangun dari tidur..di gerakin aja sakit.. T_T

       
      Reply
  9. Penny Eka

    Dok mau tanya sudah 1 minggu ini kedua kaki saya setelah pulang kerja dari mulai betis sampe kaki bawah bengkak, tetapi besok paginya normal kembali seperti semula, saya sudah mengurangi makan ya gurih.. penyebabnya kenapa ya dok. terima kasih

     
    Reply
  10. Bagas Blues

    dok mau tanya ibu saya kakinya bengkak dan buat jalan sakit dan disentuh juga sakit, lalu bengkaknya keras dok, pada 2 hari petama cuma pergelangan kaki bawah dok , kirakira penyakit apa ya dok.

     
    Reply
  11. Ae Susyana

    Dok, saya tertarik dengan artikel ini. Dan mau tanya2.. ayah saya sdh stroke 4th dan saat ini sdg mengalami lg bengkak 2 di kaki dan tangannya krn memang albuminnya rendah. Sblmnya hal ini sdh terjadi sekitar 2minggu yll, dan waktu itu kami bawa ke RS untuk infuse albumin. Alhamdulillah sdh baik… tp saat ini kenapa bengkak2 lagi ya? Apakah ada cara mengobati hipoalbumin ini selain infuse di RS? Selain sulit membawa ayah saya ke RS, juga harga obatnya yg lumayan mahal. Saya baca di internet kl ikan gabus bs meningkatkan kadar albumin. Apakah benar demikian, dan cukup mengkonsumsi ikan gabus saja spy tidak bengkak lagi ? Terima ksh byk dokter….

     
    Reply
  12. Sundari Pinqwiinchi-adipati

    dok ibu sya mengalami pembengkakan di bagian kaki ,, kalau di tekan itu akan kempot mnimbulkan cekungan , bbrpa lama baru kembali lagi seperti semula,, kalau di tekan tidak ada rasa sakit namun ibu saya sering mengeluh sakit di bagian lutut,, pusing,, dan lemas dok..
    bagaimana pndapat dokter dan mohon saran u/ bagaimana cara penyembuhanya.

     
    Reply
  13. Rafhael Bill Clinton Hutabarat

    pergelangan kaki kiri saya terkilir, lalu setelah saya di kusuk katanya urat kaki saya seperti lari/terimpit dengan urat lain, lama kelamaan kaki saya jadi bengkak.
    apakah ini berbahaya..
    dan kira2 obatnya apa….

     
    Reply
  14. Johan Piter

    Dok saya mau tnyk orng tua saya laki kakiny itu bengkak,sudh diperiksakan ke Dokter mn2 ktny tidak mempunyai penyakit apa2,sudh 1 bulan tidak bisa buat jln kalau dibuat jln gitu pasti jatuh ndk bisa menahan berdiri trus pinggangny terasa skit.
    Dokter itu sebetulny penyakit apa sichh..tlng dong kasiin sarandan hrus di minumin obat apa supaya lekas sembuh dan kakinya yg bengkak bisa puli kembali,Makasih.

     
    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>