Cara Mengobati Gusi Bengkak

Gusi Bengkak

Mau tanya dokter. Cara ngobatin gusi bengkak gimana ya? Sakit banget dok, pakai air garam bisa nggak dok..?? garam dicampur satu gelas air. (Rendra Mahar Dhika)

JAWABAN :

Gusi bengkak terjadi karena proses radang. Radang ini ditandai oleh bengkak, memerah, dan nyeri. Proses gusi bengkak ini diakibatkan oleh infeksi bakteri yang terjadi di dalam mulut.

Biasanya penyakit ini mengenai orang-orang yang kebersihan mulutnya kurang dipelihara. Sikat gigi secara tepat dan teratur sehabis makan sangat penting sebagai pencegahan gusi bengkak

.Untuk mengobati gejala ini, biasanya anda bisa mengkonsumsi obat anti radang dan juga antibiotik untuk mematikan kuman penyebabnya. Adapun nama obatnya bisa anda ketahui dengan menghubungi puskesmas/ dokter gigi terdekat.

Gusi Bengkak

Berkumur dengan air garam terkadang bisa meringankan gejala nyeri. Berkumur dengan air hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit baik di gusi maupun tenggorokan. Namun, bantuan ini hanya dapat mengurangi rasa sakit selama beberapa jam saja, sehingga Anda harus berkumur lagi jika gusi kembali terasa sakit.Campurkan garam dalam air hangat karena larutan garam merupakan zat yang paling umum digunakan untuk berkumur. Setelah berkumur dengan air garam, selalu bilas mulut dengan air segar.

Gusi bengkak

gusi bengkakSelain itu, minumlah air yang banyak. Minumlah air dalam jumlah yang lebih banyak agar mulut dapat memproduksi air liur lebih banyak juga. Selain berfungsi dalam hal pencernaan, air liur dapat berfungsi membunuh bakteri dalam mulut.Air minum juga akan membersihkan mulut dari bakteri dengan sendirinya. Jadi, sering-seringlah minum air ketika gusi sedang sakit.

Diet juga cukup berpengaruh terhadap kondisi gusi. Hindarilah makanan yang mudah melengket di gigi seperti roti putih dan coklat.  Pilih makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti sayuran segar dan buah. Vitamin C cukup baik untuk mengurangi gusi bengkak. Jika memang makanan anda kurang mengandung vitamin C, Anda bisa  mengkonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C dosis tinggi selama gusi anda masih bengkak. Tapi ingat, vitamin C dosis tinggi secara rutin tiap hari juga kurang bagus untuk kesehatan karena bisa mengendap di ginjal. 60 mg sehari adalah jumlah yang cukup untuk anda konsumsi setelah gusi  bengkaknya sembuh.

Dr. Amrizal Muchtar
Makassar, 18 Oktober 2012

Gusi Bengkak.

Gusi Bengkak

Incoming search terms:

    albothyl untuk gusi bengkak (186);nama obat untuk gusi bengkak (107);abotil untuk gusi bengkak (80);cara pakai albothyl untuk gusi bengkak (46);albotil untuk gusi bengkak (44);kegunaan albothyl untuk sakit gigi (42);albothyl untuk sakit gigi (40);nama obat gusi bengkak (31);kegunaan albothyl untuk gusi bengkak (27);apakah albothyl bisa untuk gusi bengkak (26);

StatPress

Visits today: 32

12 thoughts on “Cara Mengobati Gusi Bengkak

    1. Ria Ayu

      wes gak mempan mbk tersiksa aq makan,buka mulut,ketawa semua gak bisa ,,,,isix cuma emosi terus,,,,pgen mkan bakso,mie ayam,sambel be2k gak bisa,,,,,pean pernah ta tumbuh gi2 geraham yg paling buncit

       
      Reply
  1. Sugeng Danusiswoyo

    Sangat membantu, air garam mengurangi rasa sakit, dan baru tahu sekarang bahwa sering minum air putih, juga dapat membantu. Vitamin C juga ternyata kurang bagus bila di konsumsi berlebihan. Nah, bagaimana dg VIT C 1000 yg gencar diiklankan dewasa ini? Terima kasih.

     
    Reply
  2. Indah S Mahotra

    setiap bangun tidur pastii gusi" pada bengkak.. kenapa yya? padahal makan mknn yg bervitamin c juga sudah cukup saya lakukan.

     
    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>