Awas kena HIV di RS atau klinik

HIV sudah mengenai banyak manusia, khususnya di Indonesia. Boleh jadi, di sekitar kita sudah berkeliaran penderitanya.

HIV adalah virus yang sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan penyakit AIDS. Kita sudah tahu kalau AIDS adalah penyakit mengerikan karena AIDS menghilangkan daya tahan tubuh penderita sehingga dia bisa terkena puluhan penyakit secara bersamaan.

Rumah  sakit atau klinik yang harusnya menjaga kesehatan, justru sering menjadi sarana penular HIV itu sendiri.

Salah satu bahan yang memiliki resiko menularkan hiv adalah darah donor yang berasal dari lembaga donor seperti pmi dan dinas kesehatan. Ya, memang darah~darah tersebut sudah diperiksa secara teliti. Tapi sampai saat ini, masih ada saja  yang lolos dari hasil pemeriksaan. Tentunya ini bukan kesalahan dari RS karena hanya merupakan pemakai. Yang bertanggung jawab adalah pengelola darah donor kalau sampai hal tersebut terjadi.

Hal lain yang bisa menularkan hiv adalah masih adanya RS atau klinik yang memakai jarum jahit luka bekas. Karena itu, sebaiknya kalau anda sebagai pasien mengalami luka yang memerlukan tindakan medis dengan menggunakan jarum, selalu mengingatkan kepada petugas medis untuk menggunakan jarum yang baru.

Ini adalah fakta. Ada di Indonesia

Salam super
Dr. Amrizal Muchtar
Makassar

StatPress

Visits today: 154

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>