Apa penyebab keputihan?

Penyebab keputihan – Beberapa ibu sering mengeluh. Kenapa Miss V sering keluar keputihan seperti tepung, rasanya gatal dan perih. Kira-kira penyakit apa dan apa penyebab keputihan? Terima kasih (Nur Lena)

Jawaban

Keputihan bisa  merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan yang terjadi pada alat kelamin wanita. Penyebab keputihan ini biasanya adalah bakteri, virus, atau jamur yang mudah berkembang biak sebagai akibat kurangnya higienitas di daerah organ tersebut. Penyakit ini juga bisa disebabkan karena penularan pada saat hubungan intim.

Namun, tidak semua keputihan itu adalah suatu penyakit. Ada juga keputihan yang normal. Cairan keputihan normal bisa sedikit bisa  banyak. Biasanya cairan ini bening,  tidak berwarna, tidak gatal dan tidak berbau.

penyebab keputihanCairan keputihan normal  bisa muncul sebelum atau sesudah menstruasi, ketika sedang stress atau ketika sedang terangsang secara seksual. Cairan yang normal ini biasanya tidak perlu diobati karena akan hilang sendiri.

Ada beberapa gejala yang umum timbul pada penderita keputihan, yaitu :
- Rasa gatal pada organ intim luar maupun dalam
- Ada cairan putih yang keluar dari saluran vagina
- Ada rasa ‘panas’ saat buang air kecil

Penyebab Keputihan

Untuk ibu Nur Lena, sebaiknya cari tahu dulu penyebab keputihan tersebut, kemudian lakukan usaha untuk menghindari di kemudian hari. Sebaiknya ibu berkonsultasi ke dokter. Biasanya diperlukan obat antibiotik  tertentu untuk menghilangkan kuman penyebab keputihan tersebut.

Keputihan yang patologis (abnormal) perlu segera ditangani karena bisa mengundang komplikasi yang berat. Bisa terjadi radang panggul yang mengancam kerusakan rahim. Keputihan seperti ini juga bisa menggangu hubungan dengan suami. Selanjutnya, keputihan juga bisa mengganggu kondisi janin dalam kehamilan dan persalinan.

Penyebab Keputihan

Berikut ini beberapa solusi untuk mengatasi dan mencegah keputihan
- Sering-seringlah mengganti pembalut pada saat menstruasi
- Pastikan toilet yang anda gunakan bersih
- Lakukan pembersihan organ intim sebersih-bersihnya setelah buang air dengan sabun anti kuman
- Jangan menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat

dr. Amrizal Muchtar
Makassar, 2 Februari 2012

Penyebab Keputihan

Incoming search terms:

    keputihan seperti ampas tahu (1);penyebab keputihan seperti tepung (1);

StatPress

Visits today: 32

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>